Software Pengelola Video dan Pendukungnya


 



Bagus dan tidaknya sebuah film/video ditentukan oleh bermacam-macam factor. Tetapi pada dasarnya film/video yang bagus adalah yang mampu menyampaikan pesan melalui tayangan gambar secara maksimal dan enak dilihat dan juga bisa membuat pemirsa masuk ke dalam cerita atau alur tujuan yang ingin disampaikan oleh si pembuat film/video tersebut. Untuk film/video yang berkaitan dengan materi turorial, alur cerita dalam video harus jelas dan mudah dimengerti.
Film/video yang bagus akan tercipta jika semua proses pembuatan disiapkan dengan bagus. Mulai dari pemilihan tema, ide cerita, penulisan naskah, script, pengambilan gambar, dan juga pemilihan  kameramen, editor hingga kepada pemeran dalam film itu. Tidak ketinggalan juga peralatan produksi yang mendukung dan bisa dioperasikan agar mencapai hasil maksimal.
Untuk pengolahan video, khususnya dalam proses editing banyak software yang bisa digunakan saat ini. Sebenarnya setiap software editing film memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bahkan saat ini sudah ada freeware portable sehingga tidak perlu menginstal kedalam komputer. Dengan demikian, kapan saja dan kemana saja kita dapat melakukan penyuntingan dengan software yang kecil ukurannya hanya dengan menggunakan flashdisk.
Agar hasil video/film yang kita buat bagus dan menarik tidak cukup dengan menggunakan satu software saja. Beberapa software pendukung sangat diperlukan, misalnya untuk pembuatan grafis, animasi dan efek-efek lain guna menambah keindahan film yang kita buat. Berikut ini beberapa software untuk mengedit video:
1.      Adobe Premiere Pro
2.      Pinacle Studio’s
3.      Edius
4.      Movie Maker
5.      Avid FreeDV
6.      Wax,
7.      Apple iMovie, dll

Untuk pengolahan audio dapat menggunakan software berikut:
  1. Adobe Audition
  2. CoolEdit, dll
Pengolahan grafis dapat menggunakan :
  1. CoreDraw
  2. Adobe Illustrator
  3. Adobe Photoshop
Software pembuatan animasi 3D dapat menggunakan:
  1. 3Dmax
  2. Maya
  3. Blender, dll
Untuk pembuatan efek-efek boleh juga memakai software berikut:
  1. Adobe After Effect, ada juga yang portable
  2. Particle Illusion
Namun yang terpenting dalam pembuatan film/video adalah kreatifitas, keuletan, serta kesabaran dalam mengolah detil demi detil film yang kita kerjakan. Selamat berkarya!


Komentar